AVG Internet Security 2011

Perlindungan Kritis Bagi Bisnis

AVG Internet Securuty Business Edtition menawarkan perlindungan menyeluruh dalam jaringan serta mampu menyeimbangkan sumber daya melalui sistem pindai cerdas.

Nama antivirus yang satu ini terbilang sangat populer di tanah air. Ya, AVG memang salah satu pelopor pembasmi virus yang banyak digunakan pemakai komputer di Indonesia. Alasan utamanya karena antarmuka yang cukup mudah ditambah adanya versi gratis yang sudah ada sejak dulu. Kini, AVG Technologies menghadirkan solusi yang lebih lengkap dengan membagi dua produknya: Home Security dan Business Security. Segmen yang kedua ini salah satunya hadir lewat versi Internet Security 2011 Business Edition.

AVG Internet Security Business Edition 2011 menjadi varian paling lengkap di antara 5 paket lain pada produk Business Security. Aplikasi ini menawarkan perlindungan total (terhadap virus, trojan, worm, spyware, dan semacamnya) bagi pengguna kantoran atau SoHo yang memiliki minimal 5 komputer (yang terhubung via sebuah jaringan atau Internet). Proteksi firewall dan perlindungan pada e-mail juga telah disertakan. Di seri Business Edition ini, juga disediakan pengaturan antarkomputer dalam jaringan (remote admin) sehingga memudahkan manajemen sekuriti.

Seperti halnya model Internet Security lainnya, AVG IS 2011 BE melakukan pengamanan akses ke Web dengan teknologi yang disebutnya LinkScanner. Modul LinkScanner akan melakukan pemeriksaan halaman Web dan link di dalamnya secara diam-diam (di latar belakang/background) guna memastikan situs tersebut tak mengancam keamanan data. Proses yang sama pun dilakukan pada mesin pencari Google, Yahoo!, dan Bing sehingga setiap hasil pencarian akan diberi peringkat (rating) tertentu. Tujuannya agar pengguna mengetahui situs/link mana yang terpercaya dan yang tidak. Teknik seperti ini menurut kami amat berguna memandu pemakai awam yang kurang berhati-hati membuka Web.

Kecepatan  AVG versi baru saat mendeteksi setiap ancaman juga menjadi hal yang patut diacungi jempol. Setiap gangguan akan dikenali AVG dengan segera sekaligus dibasmi seketika itu juga. Jika ancaman tak dikenali, AVG dapat secara otomatis melaporkan ancaman tersebut ke server (secara online). Sistem pemindaian Smart Scan yang baru juga didesain untuk bisa bekerja fleksibel. Fleksibilitas ini terwujud dalam bentuk akselerasi yang lebih kencang saat PC tak melakukan proses berat dan berjalan perlahan kala PC tengah dipakai untuk proses lainnya.

Anda yang gemar melakukan transaksi online dan mengakses situs jejaring sosial akan sangat terbantu oleh adanya firewall dan Identify Protection yang disediakan AVG. Semua informasi penting seperti password, nomor kartu kredit, atau kode rahasia lainnya akan dilindungi. Caranya mencegah setiap aplikasi agar tak merebut informasi berharga tersebut. Pengguna instant messaging ICQ, MSN, dan Yahoo juga dapat melakukan penyaringan agar tak terancam dengan link palsu atau oleh keberadaan orang yang tak dikehendaki. (Deny Prasetyo)


Kesimpulan

Bagi Anda yang menginginkan AVG dengan feature lebih lengkap dibandingkan versi gratisnya, AVG Internet Security 2011 Business Edition bisa dilirik. Dengan kemampuan melindungi lima PC dalam satu jaringan, aplikasi ini memang cocok bagi pemilik kantor rumahan. Manajemen security juga lebih gampang dilakukan lewat fasilitas remote admin.


Spesifikasi AVG Internet Security 2011 Business Edition

Lisensi Rp1.957.000 (5 user – 1 tahun)
Besar Installer 146 MB
Pengembang AVG Technologies
Situs Web http://www.avg.com
Sistem Operasi Windows XP, Vista, 2000, 7, Server

 

Komponen Utama
Tampilan komponen utama sekuriti yang disertai informasi status yang menyatu terlihat mudah dipahami. Pengguna juga bisa memilih bahasa Indonesia jika diinginkan.

 

Prioritas Scan
Penjadwalan pindai dengan metode yang bisa dipilih. Prioritas scan juga bisa ditentukan apakah harus lambat (namun menghemat sumber daya), cepat (optimalisasi sumber daya), atau otomatis (user sensitive).

 

Status Aplikasi
Melihat aplikasi yang sedang aktif, mirip seperti mengakses Services di System Configuration Utility di Windows. Di sini akan ditampilkan status file/aplikasi tersebut dengan kode warna hijau untuk kondisi aman, kuning untuk hati-hati, dan merah yang kemungkinan mengancam.

 

Plus : Antarmuka mudah;  proteksi lengkap; kemampuan deteksi cepat; tersedia update secara offline; ada fasilitas remote admin; ada rescue CD.

Minus : Deteksi kadang keliru (perlu update).

Skor Penilaian
– Kinerja              : 4
– Fasilitas            : 4,25
– Penggunaan    : 4,25
– Harga               : 3,25
– Skor total         : 3,98

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: