Dari Sekedar Hobi Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

Bisnis merupakan hasil kecintaan kita terhadap sesuatu. Bisnis tidak harus dimulai dari sesuatu yang besar. Bahkan seseorang bisa memulai bisnis dari hobinya. Apakah Anda salah satunya?  Jika Anda senang membuataneka kerajinan dengan kreasi Anda, maka ini adalah peluang besar untuk mengembangkan hobi Anda. Hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan.

Dari sekedar hobi menjadi bisnis yang menguntungkan dan dapat mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang tidak sedikit. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi Anda bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu kerajinan yang bisa dijadikan souvenir adalah handuk. Saat ini, souvenir berbahan handuk banyak diminati. Hasil kreasinya mirip dengan roti tart atau cake sehingga biasa disebut dengan `towel cake`. Tentu sudah banyak kreasi towel cake saat ini. Namun bagi Anda yang memiliki tangan-tangan kreatif tentu memiliki segudang ide untuk membuat towel cake dengan design yang jauh lebih cantik.

Kerajinan towel cake ini banyak diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Bentuknya yang unik dan mirip dengan cake atau tart membuat orang menyenangi produk ini. Kegunaan kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, hantaran pernikahan, souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, dll.

Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan adalah kreatif. Dengan kreativitas, akan tercipta bentuk-bentuk baru untuk towel cake.
Harga untuk bahan baku (handuk) bervariasi sesuai dengan kualitas bahan yang dipilih. Sedangkan bahan pendukung lainnya seperti pita, tempat cake (terbuat dari mika), hiasan buah dan kain sebagai hiasan dan lain-lain memiliki harga yang terjangkau.

Berikut perhitungan ekonomi pembuatan towel cake untuk hantaran :

1.    Handuk ukuran sedang      Rp  25.000,00
2.    Tempat cake               Rp   5.000,00
3.    Hiasan lengkap            Rp   5.000,00
4.    Tenaga                    Rp   2.000,00
5.    Gunting                   Rp   2.000,00 +
Total                           Rp  39.000,00

Harga Jual                      Rp  50.000,00
Laba
Rp 50.000 - Rp 39.000 =         Rp. 11.000,00

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kerajinan selain kreatifitas adalah kualitas dan pelayanan konsumen. Agar konsumen tidak kecewa, seorang pengusaha akan mengutamakan kualitas dan pelayanan terhadap konsumen. Mungkin pernyataan ini terdengar hal yang biasa, namun ini adalah fakta bahwa kualitas dan pelayanan terhadap konsumen yang baik mampu menumbuhkan kepercayaan terhadap konsumen terhadap peluang usaha Anda.

Untuk mensiasati pesaing towel cake Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1.    Perbanyak ide-ide baru yang unik
2.    Tingkatkan kualitas produk Anda
3.    Tingkatkan pelayanan terhadap konsumen
4.    Lakukan pemasaran secara efektif

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: