Motivasi Diri untuk Fokus Mencapai Goal

Memotivasi diri untuk tetap fokus pada goal yang telah dicita-citakan, memang bukan perkara mudah. Kebanyakan orang kehilangan fokusnya pada tujuan yang dimiliki, ketika mereka sudah mendapatkan rutinitas baru. Baik rutinitas dalam memulai usaha, rutinitas bekerja, atau rutinitas lainnya yang dapat memecah konsentrasi atau fokus seseorang terhadap goal yang diinginkannya.

Padahal untuk mencapai goal atau tujuan tertentu, dibutuhkan fokus pikiran dan tenaga untuk mulai menyusun strategi dan rencana khusus guna mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu motivasi diri untuk fokus mencapai goal, sangat dibutuhkan untuk menghindari hilangnya fokus seseorang. Untuk membantu permasalahan fokus yang sering terjadi pada Anda, pekan ini kami akan berbagi mengenai cara sukses untuk tetap fokus pada goal atau tujuan yang diimpikan. Antara lain sebagai berikut :

Pertama perkecil goal atau tujuan utama Anda. Jika ada pepatah yang mengatakan “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, maka dalam mencapai tujuan Anda juga bisa memulainya dari yang kecil hingga lama-kelamaan berhasil mencapai goal yang terbesar. Dengan fokus dari goal yang terkecil, bukan mustahil lagi bila Anda juga bisa mencapai goal yang terbesar. Karena semakin lama, goal yang lebih besarpun akan terasa ringan bagi Anda. Sehingga Anda selalu termotivasi untuk bisa mencapai tujuan selanjutnya yang lebih besar dari goal Anda sebelumnya.

Kedua selalu fokus pada goal yang ingin Anda capai. Sekecil apapun goal yang ingin Anda capai, usahakan untuk tetap fokus agar memberikan hasil yang maksimal. Targetkan tujuan berikutnya, setelah goal pertama Anda tercapai. Jangan coba-coba untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak berhubungan dengan tujuan utama Anda. Karena hanya akan membuat pikiran dan tenaga Anda terbagi, dan yang lebih parah lagi kegiatan pendukung tujuan utama malah terabaikan.

Ketiga berikan batas waktu tertentu untuk setiap goal yang ingin dicapai. Dengan begitu Anda akan semakin termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas dan kegiatan pendukung lainnya, guna mencapai target sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ini juga akan menguntungkan Anda, karena semua target Anda untuk mencapai goal semakin jelas. Jadi Anda juga dapat merencanakan tujuan untuk jangka panjang, dengan waktu-waktu yang telah ditentukan.

Keempat luangkan waktu untuk memotivasi diri Anda mengenai goal yang telah ditentukan. Dalam perjalannya, motivasi diri kita sering naik dan turun. Oleh karena itu ingatkan diri Anda mengenai mimpi-mimpi yang menjadi goal utama Anda. Bila perlu tuliskan tujuan Anda di beberapa tempat, yang memungkinkan sering Anda lihat. Dengan melihatnya setiap hari, akan membantu Anda memotivasi diri sendiri.

Kelima hindari segala hal yang mengganggu fokus Anda. Ketika mulai fokus mengerjakan sesuatu yang mendukung goal Anda, sebaiknya jauhi segala hal yang menjadi pengganggu. Selesaikan pekerjaan terlebih dahulu, setelah itu Anda boleh menghadiahi diri sendiri dengan hal yang Anda sukai. Misalnya menghadiahi diri sendiri dengan menonton film, atau sekedar makan malam diluar untuk menghibur diri setelah lelah beraktivitas seharian.

Cukup mudah bukan? sebenarnya peluang sukses atau tidaknya seseorang dalam mencapai goal, tergantung dari motivasi diri yang ada pada orang tersebut. Semoga berhasil dan salam sukses.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: