Skin Laptop menjadi Ide Bisnis Mahasiswa

Kemajuan teknologi sering dijadikan sebagai peluang besar untuk menjalankan usaha. Apalagi bagi kaum muda seperti para mahasiswa, kemajuan teknologi membantu mereka untuk berkreasi memunculkan kreatifitas yang mereka butuhkan. Salah satu contoh mahasiswa yang telah menggunakan kemajuan teknologi dan kreatifitasnya untuk memulaibisnis untuk mahasiswa adalah Dzikri Robby. Mahasiswa IPB ini berhasilmenjalankan bisnis untuk mahasiswa dengan membuka salon laptop yang membuat penutup atau skin laptop yang unik dan menarik.

Saat ini pengguna laptop semakin hari semakin meningkat, hal ini dijadikan sebagai peluang yang menguntungkan bagi usaha Robby. Tampilan laptop yang semula hanya biasa sesuai standar pabrik yang memproduksinya, mampu diubah Robby menjadi lebih menarik dan tampil beda sesuai keinginan para pemiliknya dengan menggunakan skin laptop.

Konsumen

Minat konsumen akan skin laptop kebanyakan dari kalangan anak muda. Karena pengguna laptop sebagian besar adalah anak muda, selain itu mereka cenderung lebih kreatif dan cepat merasa bosan dengan tampilan laptop yang biasa. Keadaan ini sangat menguntungkan pelaku bisnis skin laptop yang saat ini sudah banyak bermunculan.

Produk

Produk skin laptop yang ditawarkan memiliki desain yang unik dan kreatif, maka tak heran jika banyak konsumen tertarik dengan produknya. Selain Ia menyediakan katalog skin laptop yang beragam, usaha milik Robby juga menerima pembuatan skin laptop dengan desain yang dimiliki para konsumen. Jadi para konsumen bisa memilih dua pelayanan, yaitu memakai desain yang sudah tersedia dari katalog atau memakai desain yang telah mereka miliki.

Harga skin laptop yang ditawarkan pun juga beragam, disesuaikan dengan besar ukuran dan tingkat kesulitan desain yang diminta para konsumen. Untuk ukuran laptop 14 inch harga yang ditawarkan yaitu Rp 50.000,00, laptop 12 inch seharga Rp 45.000,00 sedangkan untuk ukuran laptop atau notebook ukuran 10 inch dibandrol dengan harga Rp 35.000,00. Harga – harga tersebut adalah harga standar untuk pembuatan skin langsung. Jika Robby harus mengedit desain yang dibawa konsumen, ada tambahan biaya editing yang harus dibayar konsumen. Biasanya Robby menambahkan beban biaya sekitar Rp 5.000,00 sampai Rp 20.000,00 sesuai dengan tingkat kesulitan editing danlama waktu pengerjaan editing.

Banyak konsumen memilih untuk menggunakan skin laptop karena selain memberikan keunikan dan menghilangkan rasa bosan dengan bentuk tampilan laptop yang mereka miliki, ternyata skin laptop juga juga dapat melindungi laptop dari goresan.

Pemasaran

Dalam menjalankan bisnisnya Robby mulai memasarkannya dari mulut ke mulut. Jadi bagi konsumen yang berada di Bogor bisa datang langsung ke salon laptop yang dimilikinya. Sedangkan untuk menjangkau pasaran yang lebih luas, Robby menggunakan jasa internet untuk mempromosikan produknya. Dari promosi melalui internet, Ia sudah berhasil melayani permintaan konsumen dari berbagai kota.

Hanya dengan bermodalkan satu laptop dari kamar kost, seorang mahasiswa bisa berhasil menjalankan bisnis sampingannya dengan omset per bulan mencapai satu juta rupiah. Semoga dengan artikel “ Skin laptop menjadi ide bisnis mahasiswa ” dapat menjadi inspirasi bagi Anda khususnya para mahasiswa untuk mulai mencoba bisnis dari sekarang. Salam sukses.

( Sumber : Majalah Ide Bisnis edisi bulan Juni 2010 )

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: