Lakukanlah Yang Menurut Anda Terbaik

Saya mencoba mengangkat sebuah cerita yang pernah saya dengar beberapa waktu lalu tentang seorang kakek bersama cucunya dan seekor keledai yang sedang menempuh perjalanan mendaki bukit.

Ketika sang kakek berjalan dengan cucunya sambil menuntun keledai mereka, mereka bertemu dengan seorang pemuda. Pemuda itu berkata,” Mengapa kalian tidak menaiki saja keledai kalian sehingga kalian tidak perlu kelelahan?”. Maka kakek dan cucunya pun akhirnya menaiki keledai mereka.

Tidak berapa lama kemudian, mereka bertemu dengan seorang anak kecil. Anak kecil itu berkata,” Kan kasihan keledainya, masih kecil begitu dinaiki oleh 2 orang.” Maka sang kakek pun turun dan membiarkan cucunya saja yang menaiki keledai.

Perjalanan pun dilanjutkan kembali. Di tengah perjalanan, mereka kembali bertemu dengan seorang wanita. Wanita itu berkata, “Hai, nak biarlah kakekmu yg menunggangi keledai, beliau sudah tua dan tampak kelelahan. Sang cucu pun turun, dan memberikan keledai untuk ditunggangi kakeknya.

Tak lama perjalanan, mereka didatangi gerombolan pemuda, dan berkata, “Wahai kakek, mengapa membiarkan cucumu yang masi kecil berjalan kaki? Akhirnya karena bingung dengan semua pendapat orang, maka sang kakek pun akhirnya turun dr punggung keledai, dan memutuskan untuk kembali berjalan berdampingan bersama cucunya sambil menuntun keledai mereka.

Cerita singkat ini, mengatakan kepada kita, bahwa apapun di dunia ini yg kita lakukan, tidak selalu dianggap benar oleh orang lain.Setiap hari, kita pasti bertemu dan berhadapan dengan orang yang berbeda. Dan setiap orang pun pasti punya pandangan dan penilaian yang berbeda pula terhadap kita.

Ada orang yang enggan untuk mencapai sukses, karena takut akan pandangan dan penilaian orang. Kita enggan mengambil sebuah keputusan, lantaran takut dianggap buruk oleh orang lain. Namun apakah semua ketakutan dan pemikiran kita sama seperti yang orang lain pikirkan? Belum tentu, kita hidup berdampingan dengan banyak orang yang pasti mempunyai opini tersendiri mengenai suatu hal. Jika kita mau menjadi yang seperti orang lain ingini/ harapkan, sangat mustahil bagi kita untuk bisa maju dan mencapai sukses kita, karena sukses yang kita capai, tergantung dari individu dan personal masing-masing orang.

Tips: Setiap pandangan dan opini yang berbeda dari setiap orang, janganlah dijadikan penghalang. Jangan selalu mencoba untuk menjadi apa yang orang lain inginkan untuk anda, tapi cobalah untuk selalu menjadi apa yang anda inginkan. Lakukanlah apa yang menurut anda pantas untuk maju dan mencapai sukses karena sukses berawal dari diri anda sendiri.

Silakan baca juga artikel lain tentang proses pembelajaran dalam kehidupan dalam kategori pengembangan diri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: